YANG HARUS KAMU TAU MENGENAI SUKU DAYAK.

Penduduk di Inodesia memiliki banyak suku dan memiliki budaya nya masing-masing. jika di lihat Budaya dan suku ini sudah ada sebelum ada nama Indoesia. dengan ada nya budaya tentu sulit bagi masyarakat untuk melepaskan kebudayaan tersebut.

Tapi dengan masuk nya Agama dan Ilmu Pengetahuan membuat Suku-suku di Inodesia mulai meninggalkan kebiasaan yang buruk dan tidak baik.

saya akan membagikan secara ringkas mengenai suku Dayak.

  1. suku Dayak Mendiami Pulau kalimantan sampai di serawak Malysia.
  2. suku dayak lebih suka hidup di pingir sungai, bisa di temukan di daerah KUBAR (KUTAI BARAT) suangai Mahakam. dan di kalimantan Utara sepanjang pingir sungai kayan.
  3. suku dayak memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, mulai dari tarian, baju adat, bentuk senjata tradisonal, tata cara pernikahan, tata cara mengubur orang mati.
  4. Pada dasarnya penduduk Asli yang mendiami pulau kalimatan di beri nama Dayak. baru setelah ada Agama Masuk beberapa suku tidak lagi mengunakan Nama DAYAK bahkan melupakan nama Asli suku nya sendiri, mungkin karena dahulu nya Dayak identik dengan kemiskinan dan bukan orang moderen. dengan tidak di pakai nya nama Dayak, bagi sebagian SUku di KALIMANTAN membuat mereka mengati sendiri nama SUKU nya yang di ambil dari daerah atau tempat mereka bermungkim. sehinga lebih mudah untuk mengetahui identitas dari mana mereka berasal.

Dayak Terkenal karena Ilmu dan Ngayu(potong kepala)

semua suku dayak mengenal yang nama nya Ngayau dan ikut berperang melawan penjajah pada masa nya sangat mudah memprovokasi melawan suku lain. untuk suku dayak yang tradisi nenek moyang (bukan Ngayau) Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan KAlimantan selatan. di mana mereka masi mempertahakan tradisi leluhur yang meliputi cara pernikahan, memberikan makan kepada arwah, masi memeprtahankan ilmu turun temurun. untuk sekarang suku Dayak tidak lagi mengayau.

BERSAMBUNG.

Tinggalkan Komentar